Wah, apa ya ini,namanya rumit banget. Jika anda berpikir bahwa ini adalah nama penyakit, berarti anda benar.
Leukoensefalopati multilokal progresif (PML) adalah sejenis penyakit saraf yaitu infeksi virus pada otak yang gawat.

“Ensefalo” berarti terkait dengan otak. “Pati” berarti penyakit. Jadi ensefalopati adalah penyakit pada otak. “Leuko” berarti putih. Jadi leukoensefalopati adalah penyakit bahan putih pada otak.

“Progresif” berarti penyakit ini menjadi semakin buruk dalam waktu yang singkat. “Multifokal” berarti penyakit ini ditemukan di berbagai tempat sekaligus.

Para peneliti berpikir bahwa 6% odha (orang dengan HIV/AIDS) mengembangkan penyakit ini. Angka yang persis sulit diketahui karena diagnosis penyakit ini sulit. Belum ada informasi mengenai angka ini di Indonesia. Sebagian besar kasus ditemukan pada orang dengan jumlah CD4 di bawah 100.


Sebelumnya, sebagian besar kasus PML mengakibatkan kematian. Orang yang didiagnosis PML hidup rata-rata enam bulan. Sebagian besar meninggal dunia dalam dua tahun. Namun, orang PML yang mulai memakai terapi antiretroviral (ART) untuk mengendalikan HIV-nya tahan hidup jauh lebih lama. Sekarang hanya separuh orang dengan HIV dan PML di AS meninggal dunia akibat PML.

PML disebabkan virus dengan nama JC – JC ada inisial dari pasien yang pertama didiagnosis penyakit ini. Sebagian besar dewasa terinfeksi virus JC, namun tidak mengembangkan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat mengendalikan infeksi JC agar tidak menyebabkan penyakit. Pada orang dengan sistem kekebalan yang rusak, virus JC ini bisa menjadi aktif.

Mendeteksi PML

Gejala awal PML adalah kelemahan pada otot atau masalah berkoordinasi lengan atau kaki. Mungkin ada kesulitan berpikir atau berbicara. Masalah penglihatan dan ingatan, kejang, dan sakit kepala bisa terjadi.

Gejala ini juga dapat terjadi dengan infeksi oportunistik yang lain, termasuk toksoplasmosis, limfoma, infeksi telinga dalam, atau meningitis kriptokokus. Adalah penting mengesampingkan penyakit ini.

PML dapat didiagnosis dengan penggambaran otak dengan magnetic resonance (MRI). Cara lain adalah dengan memeriksa cairan sumsum tulang belakang. Contoh cairan diambil dengan menusuk jarum tipis pada tulang belakang. Ini disebut pungsi lumbal (lumbar puncture atau spinal tap).

Pengobatan PML

Dalam mengobati penyakit otak selalu ada hambatan besar yaitu sawar darah-otak. Sawar darah-otak adalah jaringan ketat pembuluh darah yang melindungi otak dari zat beracun. Bahan kimia yang larut dalam lemak dapat melewati sawar darah-otak. Bahan yang larut dalam air tidak dapat melewatinya. Sayangnya, sebagian besar antibiotik dan banyak obat lain larut dalam air.

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang efektif terhadap penyakit ini. Hasil beberapa penelitian bertentangan. Ada beberapa pengobatan potensial yang belum diuji coba dengan teliti. Namun PML dapat diperlambat atau dihentikan pada beberapa pasien yang memakai ART.

Ara-C (sitosin arabinosid atau sitarabin) pernah diuji coba terhadap PML. Obat ini diberi secara infus, atau dimasukkan langsung ke otak. Obat ini tampaknya berhasil dalam satu percobaan kecil, tetapi tidak pada percobaan berikutnya. Ara-C sangat beracun, dan merusak sumsum tulang.

AZT dosis tinggi pernah dicoba terhadap PML, karena obat ini dapat melalui sawar darah-otak. Obat lain pernah juga dicoba tetapi tingkat keberhasilannya berbeda-beda termasuk asiklovir, heparin, peptid-T, interferon beta, deksametason, n-asetilsistin, topotekan dan sidofovir. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sidofovir IV (infus) dapat membantu otak agar bekerja lebih baik pada orang dengan PML.

Perkembangan penyakit PML yang cepat mengharuskan penderita untuk segera berobat.

Ayo Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengenai Saya

Saya bukan siapa-siapa hanya sekedar orang yang ingin berbagi ilmu.

Translate this blog with

Link Exchange

Followers

Play list

Discover the playlist Classical Music of felix9876
Free Earth MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
blogarama - the blog directory
Add to Technorati Favorites
Directory of Science Blogs

Rate Me on BlogHop.com!
the best pretty good okay pretty bad the worst help?

100 Blog Indonesia Terbaik
Diberdayakan oleh Blogger.

Back Link

Free Automatic Backlink