Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali.

Gagasan di balik krionika adalah jika seseorang “mati” akibat penyakit yang dideritanya, dia dapat “dibekukan” untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakit itu. Seseorang yang diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krionika.

Teknologi berdasarkan pada sebuah peristiwa dimana orang jatuh ke dalam danau es selama satu jam dan dapat diselamatkan. Mereka yang selamat dapat bertahan hidup karena air es menyebabkan raga mereka dalam keadaan “mati suri” dengan memperlambat metabolisme tubuh dan fungsi otak mereka hingga pada titik dimana mereka hampir tidak membutuhkan oksigen.

Melakukan suspensi krionika pada orang yang masih hidup adalah illegal sehingga orang yang ingin menjalani suspensi krionika harus terlebih dahulu dinyatakan mati secara hukum, yaitu jantungnya sudah berhenti berdetak. Hal ini tidak sama dengan mati total. Mati total menurut mereka adalah dimana seluruh fungsi otak berhenti, tetapi pada mati secara hukum hanya jantung saja yang berhenti berdetak namun fungsi sel otak tetap bekerja. Krionika mengawetkan sel ini, secara teoritis orang itu dapat dibangkitkan kembali di masa depan.

Jika Anda ingin menjalani suspensi krionika, Anda harus menjadi anggota sebuah fasilitas krionika dengan membayar iuran keanggotaan ($ 400 per tahun). Kemudian saat Anda dinyatakan mati secara hukum, sebuah tim tanggap darurat dari fasilitas tersebut akan menstabilkan tubuh Anda, memasok oksigen dan darah ke otak Anda dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan fungsi otak hingga saatnya tiba untuk Anda dipindahkan le fasilitas suspensi.

Tubuh Anda akan dibungkus dalam es dan diinjeksikan reparin (sejenis anti koagulan/anti pembekuan darah) untuk mencegah darah Anda membeku dalam perjalanan menuju fasilitas krionika dimana tim medis telah menunggu tubuh Anda.

Begitu sampai di fasilitas kriogenika “pembekuan sesungguhnya” dimulai. Sebelum dimasukkan ke dalam cairan nitrogen, tim krionika terlebih dahulu mengganti air sel tubuh Anda dengan campuran kimiawi berbasis gliserol yang disebut krioprotektan(senyawa anti pembekuan tubuh) untuk mencegah organ jaringan tubuh membentuk kristal es pada suhu sangat rendah. Proses yang disebut vitrifikasi menyebabkan sel tubuh dalam keadaan mati suri. Kemudian tubuh Anda didinginkan dalam gumpalan es kering hingga mencapai suhu -130 derajat celcius.

Tubuh Anda dimasukkan ke dalam wadah dalam tangki logam besar yang berisi nitrogen cair(-196 derajat celcius) dengan posisi kepala di bawah sebagai antisipasi jika tejadi kebocoran tangki, otak Anda masih terendam dalam nitrogen cair. Untuk mengawetkan seluruh tubuh Anda diperlukan biaya sehingga $150.000. tapi jika untuk otak hanya $50.000 jika Anda ingin menjalani suspensi krionika kunjungilah situs www.alcor.org.


Dari berbagai sumber

Ayo Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengenai Saya

Saya bukan siapa-siapa hanya sekedar orang yang ingin berbagi ilmu.

Translate this blog with

Link Exchange

Followers

Play list

Discover the playlist Classical Music of felix9876
Free Earth MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
blogarama - the blog directory
Add to Technorati Favorites
Directory of Science Blogs

Rate Me on BlogHop.com!
the best pretty good okay pretty bad the worst help?

100 Blog Indonesia Terbaik
Diberdayakan oleh Blogger.

Back Link

Free Automatic Backlink